Copyright 2018 - Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias

SOSIALISASI PERATURAN KPK TENTANG LHKPN

Rabu, 27 September 2017 dilaksanakan Sosialisasi Peraturan KPK Nomor 07 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pendaftaran, Pengumuman dan Pemeriksaan LHKPN, di Ruang Rapat Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan surat undangan dari KPK Nomor B/5563/LHK.00.02/12/09/2017 tanggal 4 September 2017. Berdasarkan surat undangan dimaksud, jadwal sosialisasi dibagi menjadi 2 (dua) sesi, yaitu Sesi I diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota, Inspektur Daerah dan Kepala BKD, sedangkan Sesi II diikuti oleh Tim Teknis Unit Pengelola LHKPN Kabupaten/Kota. Hadir pada kesempatan tersebut, Inspektur Daerah Kabupaten Nias Faoaro Lahagu, SE dan Kepala BKD Kabupaten Nias Marulam Sianturi, SE, dengan didampingi Tim Teknis dari Unit Pengelola LHKPN Pemerintah Kabupaten Nias.

Adapun materi yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut adalah mengenai Peraturan KPK Nomor 7 Tahun 2016 perihal Tata Cara Pendaftaran, Pengumuman dan Pemeriksaan LHKPN yang merupakan regulasi terbaru pengelolaan LHKPN. Terkait dengan waktu penyampaian, LHKPN disampaikan pada saat pertama kali menjabat, berakhir masa jabatan/pensiun, pengangkatan kembali sebagai penyelenggara negara setelah berakhir masa jabatan/pensiun, dan penyampaian periodik setahun sekali. Adapun batas waktu penyampaian LHKPN pada saat pertama kali menjabat adalah paling lambat 3 (tiga) bulan setelah menjabat atau pensiun, sedangkan penyampaian secara periodik paling lambat pada tanggal 31 Maret tahun berikutnya. Pendaftaran dan pengisian formulir LHKPN dapat menggunakan Formulir Excel atau dengan mengisi data harta kekayaan melalui aplikasi e-LHKPN pada situs www.elhkpn.kpk.go.id. Selanjutnya, pengumuman yang digunakan untuk mengumumkan LHKPN adalah Media Pengumuman KPK, Media Pengumuman Resmi Instansi dan/atau Surat Kabar yang memiliki peredaran nasional.

Berdasarkan hasil evaluasi KPK terkait hasil koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Nias telah melengkapi semua persyaratan penggunaan aplikasi e-LHKPN yang meliputi penyesuaian peraturan internal tentang pengelolaan LHKPN, input data jabatan pada aplikasi e-LHKPN, penunjukkan Administrator Instansi serta aktivasi akun Administrator Instansi, sehingga para Penyelenggara Negara yang wajib lapor LHKPN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias dapat memulai menggunakan aplikasi e-LHKPN dimaksud.

f t g m

Hubungi Kami

Pemerintah Kabupaten Nias

Badan Kepegawaian Daerah

 
Jl. Pelud Binaka Km. 9 Ononamolo I Lot Gunungsitoli Selatan
Telp/Fax : (0639) 21566

bkdnias@gmail.com