Copyright 2018 - Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias

PENGAMBILAN SUMPAH/JANJI PNS PEMERINTAH KABUPATEN NIAS

Pada hari Kamis tanggal 21 Desember 2017, Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias melaksanakan pengambilan sumpah/janji PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias. Pengambilan sumpah/janji tersebut dilakukan oleh Bupati Nias yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Nias, Jl. Pelud Binaka Km. 9 Gunungsitoli Selatan.

Pengambilan sumpah/janji tersebut diikuti oleh 233 orang PNS dengan didampingi oleh Rohaniwan dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah/janji Pegawai Negeri Sipil secara simbolis oleh perwakilan dari PNS yang diambil sumpah/janjinya. Adapun rincian jumlah  peserta yang mengikuti Sumpah/Janji PNS pada tahun ini adalah PNS beragama Islam berjumlah 13 orang, PNS beragama Kristen Protestan berjumlah 198 orang dan PNS beragama Katolik berjumlah 22 orang.

Dalam sambutannya, Bupati Nias menyampaikan bahwa Sumpah/Janji PNS merupakan suatu bentuk ikrar yang menyatakan kesanggupan untuk mematuhi segala ketentuan yang berlaku yang tidak hanya dipertanggungjawabkan kepada atasan atau institusi saja, namun juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Oleh sebab itu, PNS diharapkan benar-benar menghayati setiap Sumpah/Janji yang telah diucapkan, dan menerapkannya dengan sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas.

Bupati Nias berharap agar kegiatan ini dijadikan momentum perubahan kinerja ke arah yang lebih baik dalam rangka mewujudkan PNS yang profesional, berkeadilan, responsif serta memberikan pelayanan yang tulus bagi masyarakat. Sebagai PNS, harus mematuhi segala ketentuan perundang-undangan yang berlaku sehingga dapat menjadi teladan yang baik di tengah-tengah masyarakat, serta harus merubah pola pikir, tidak lagi sebagai tuan, melainkan sebagai pelayan masyarakat. PNS juga harus merubah budaya kerja yang hanya menunggu petunjuk pimpinan, melainkan menjadi seorang PNS yang akan memiliki kinerja yang produktif sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Pengembangan budaya kerja PNS harus diawali dengan pembentukan komitmen yang tinggi yang dimulai dari diri sendiri, terutama komitmen terhadap perubahan pola kerja/budaya melalui gerakan Kreativitas, Inovatif dan Sinergitas (KIS). Perubahan pola budaya kerja menuju gerakan Kreativitas, Inovatif dan Sinergitas (KIS), PNS diharapkan akan lebih peka terhadap pengguna layanan, adanya inovasi kerja, dan keberanian dalam mengambil resiko secara positif.

Pada, akhir sambutannya, Bupati Nias berpesan supaya tetap semangat dalam berkarya dan mengabdi bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan khususnya di Kabupaten Nias.

f t g m

Hubungi Kami

Pemerintah Kabupaten Nias

Badan Kepegawaian Daerah

 
Jl. Pelud Binaka Km. 9 Ononamolo I Lot Gunungsitoli Selatan
Telp/Fax : (0639) 21566

bkdnias@gmail.com